Sri Mulyani : Kita Harus Kembangkan Instrumen Keuangan yang Cakup Beragam Risiko - Ekonomi

Breaking News

Sri Mulyani : Kita Harus Kembangkan Instrumen Keuangan yang Cakup Beragam Risiko



Srikandi Indonesia  -  “Saya tahu negara-negara di Amerika Latin – Chile, Kolombia, Peru, Meksiko – membuat semacam bond (obligasi.red) untuk menghadapi apa yang disebut kemungkinan probabilita terjadinya gempa bumi. Sangat relevan sekali dengan kita. Mereka baru meluncurkannya tahun 2018 ini, dibantu Bank Dunia, dan mencakup hingga 2022. Saya ingin mempelajari hal itu, bagaimana caranya, karena Indonesia negara yang sangat besar,” ujar Sri Mulyani.

Ditambahkannya bahwa sudah saatnya Indonesia berpikir jauh ke depan untuk tidak saja mempersiapkan sistem peringatan dini atau membantu ketika bencana terjadi, tetapi juga apa yang akan dilakukan untuk membangun kembali perekonomian pasca gempa.
“Seperti tadi pagi saya, Pak Luhut, Ibu Lagarde datang ke Lombok dan membantu masyarakat dari sisi emergency. Tapi tentu harus ada upaya untuk membangun kembali perekonomian mereka. Bagaimana kita dapat terus mengembangkan instrumen keuangan kita sehingga dapat mencover risiko yang bermacam-macam yang dihadapi masyarakat.” Sri Mulyani menyebut Maroko yang memiliki skema pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah UKM dan perumahan untuk bencana. (Voa Indonesia/Knl)

Tidak ada komentar